Nissan Terra, SUV Gagah Pesaing Fortuner



AGG- Pada ajang GIIAS 2018 lalu, ada satu mobil yang menarik perhatian para pengunjung. Dikarenakan bentuk dari mobil ini yang menyerupai bentuk dari salah satu mobil SUV terkenal di Indonesia.

Mobil yang menarik perhatian pengunjung adalah mobil asal pabrikan Nissan yaitu Nissan Terra. Mobil ini mengambil basis dari Nissan Navara berkode bodi D23, dan SUV gagah ini diklaim bakal melawan ketangguhan yang dimiliki oleh Pajero Sport maupun Fortuner.


Nissan Terra ini juga diklaim memiliki kinerja jantung pacu yang sangat tangguh dimana, sasisnya sendiri dibangun dengan konsep Laddre Frame yang sangat handal dan membuat bentuk bodinya terkesan bongsor sehingga cocok membawa penumpang maupun barang sekaligus, serta untuk melibas beragam medan jalan.

Kesan macho, gagah dan serba besar sangat tercermin dari tampak depan Nissa Terra 2018 ini. Lihat saja pada penggunaan grill depan berdesain V-Shape yang ukurannya ekstra besar. Desain grill tersebut bersatu sempurna dengan motif sarang lebah yang diatasnya tertancap logo Nissan yang juga memiliki ukuran besar.


Sementara itu, untuk memberikan kenyamanan maupun menjamin keselamatan penumpang, Nissan pun juga turut menyertakan beberapa fitur canggih, seperti airbag support dan rem berteknologi ABS, EBD, dan BA.

Berikut adalah spesifikasi dari Nissan Terra 2018 :

SPESIFIKASI NISSAN TERRA 2018

MESIN
  • Tipe Mesin : Tipe DOHC, 16 Katup 4 Silinder
  • Kapasitas : 2,488cc
  • Jumlah Silinder : 4
  • Jumlah Katup : 16
  • Tipe Transmisi : Manual 6 Percepatan (MT) / Otomatis 7 Percepatan (VL AT & E AT)
  • Tenaga Maksimal : 190 Hp @ 3.600rpm
  • Torsi Maksimal : 450 Nm @ 2.000rpm
  • Sistem Pengerak : Penggerak Roda Belakang 
  • Sistem Bahan Bakar : Bensin
  • Diameter x Langkah : 89,0mm x 100,0mm
BODI
  • Panjang : 4,885mm
  • Lebar : 1,865mm
  • Tinggi : 1,835mm
  • Berat : 2870 kg (MT) / 2900 kg (AT)
  • Tinggi Terhadap Tanah : 225 mm
  • Jarak Sumbu Roda : 2,850mm
  • Jumlah Pintu : 5
  • Jumlah Tempat Duduk : 7
RANGKA DAN KAKI-KAKI
  • Rangka : Rise Body
  • Suspensi Depan : Wishbone ganda dengan Stabilizer depan
  • Suspensi Belakang : Multi-Link (5-Link) dengan Stabilizer belakang
  • Velg / Ban : -245 / 65R17 (Tubeless)
  • Rem Depan : ABS, EBD
  • Rem Belakang : ABS, EBD
FITUR
  • Kursi Kulit
  • AC Otomatis Zona Ganda
  • Daytime Running Light
  • Electric Folding Mirror
  • Sport Bar
  • Kontrol telepon & audio di kemudi
Jika dilihat pada spesifikasi diatas maka tidak heran jika mobil ini digadang-gadang bisa mengalahkan pesona Pajero Sport dan Fortuner yang selama ini sudah menjadi pilihan SUV kelas medium di Indonesia.

Dilihat dari sisi eksterior Nissan Terra ini contoh saja jika dilihat dari depan, maka terlihat lampu depan dengan bentuk menyipit yang begitu khas dengan Adjustable Headlights berteknologi DRL (Daytime Running Light) yang terkesan membuat mobil ini memiliki alas mata beserta fog lamp yang begitu kompak untuk menunjang kebutuhan cahaya depan saat berkendara dimalam hari.

Pada bagian samping Nissan Terra juga akan tampak Flared Fender dengan lekukan lembut atau garis bodi yang dibuat cukup tegas melalui bagian handle door chrome depan dan agak naik sedikit dibagian belakang yang sangat elegan. Tarikan garis ini berlanjut hingga ke lampu belakangnya. Bahkan, Side Skirt pun juga dilengkapi dengan pijakan yang ideal guna memberikan kemudahan kepada para penumpang saat menaiki mobil ini. 


Velg Alloy Sporty juga tidak ketinggalan dan turut disertakan pada mobil ini guna memberikan kesan yang lebih atraktif. Pada bagian belakang pada Nissan Terra juga dilengkapi stoplamp modern LED yang desainnya mengikuti alur konsep dari sisi sampingnya. Ditambah lagi penggunaan lis krom diatas dudukan pelat nomor yang memberi kesan elegan. Kemudian, ada juga wiper dan spoiler pada bagian kaca belakang yang semakin mempertegas kesan mobil adventure masa kini. 


Meski pada kenyataannya Nissan Terra ini berbagi basis dengan Nissan Navara, namun interiornya agak jauh berbeda. Pada Nissan Terra ini terasa lebih mewah dan memiliki fitur yang banyak. Efek positifnya, tentu pada suasana kabin yang nyaman dan pastinya membuat Anda betah lama-lama didalam Nissan Terra ini.


Perlu untuk diketahui bahwa bagian ruang kabin pada SUV premium buatan Nissan ini dirancang dengan leluasa sehingga muat 7 penumpang sekaligus. Pada bagian ruang kabin dari Nissan Terra ini juga dibuat sangat elegan dan pasti membuat penumpang nyaman. Dikarenakan jok/kursinya mengusung konsep bangku Zero Gravity yang membantu mengurangi rasa letih. Jok pada baris kedua tentu bisa dilipat dan pelipatannya bisa dengan one touch tumble yang memungkinkan bangku baris kedua melipat hanya dengan sentuhan satu tuas saja. Kemudian tersedia sandaran tangan yang bisa dilipat saat tidak digunakan, serta tempat menaruh gelas minuman untuk penumpang di baris kedua. 


Pada baris kedua ini juga para penumpang bakal disajikan sebuah fitur entertainment berupa On-Board Entertainment System, dimana terdapat input HDMI, DVD player, remot kendali, serta monitor 11 inci yang bisa dilipat. Dan juga jok bagian belakang pastinya bisa dilipat sehingga sangat fungsional untuk membawa barang banyak.
Sedangkan pada Dashboard depan tampak sistem entertainment 2DIN dengan layar sentuh fungsional cukup luas yang mana menampilkan beberapa menu pilihan guna menunjang hiburan seperti Radio AM/FM, DVD Player, HDMI, Remote Control, MP3, dan sistem navigasi serta fitur konektivitas.


Dibawah layar sentuh itu juga terdapat lubang AC dengan Dual Zone Automatic Temperature yang bisa diatur sedemikian rupa guna mengatur suhu dalam kabin agar terasa lebih sejuk. Nissan Terra pun juga dilengkapi dengan lingkar kemudi berbahan material kulit yang sudah dilengkapi dengan tombol multifungsi agar memudahkan pengemudi dalam mengatur sistem entertainment. 

Tampilan Speedometer

Tampilan Speedometer

Tampilan Speedometer

Tampilan Speedometer

Tampilan Speedometer

Kemudian stopkontak 12 volt pun juga turut disematkan sebagai fitur untuk memudahkan pengguna dalam mengisi daya smartphone. Lanjut kebagian speedometer yang mengandalkan sistem Advance Drive-Assist Display untuk mengetahui keadaan mobil secara keseluruhan saat dikendarai contohnya seperti Tire Pressures (tekanan ban), Driving Aids, dan Inclinometer untuk memastikan seberapa ekstrim sudut jalan yang akan dilewati. Pada speedometer juga menampilkan beberapa informasi seputar tachometer, Trip meter, jam digital, odometer, indikator bahan bakar, tampilan rpm maupun kecepatan Km/jam.
 
Nissan Terra juga sudah dilengkapi dengan fitur unggulan bernama Around View Monitor dengan Moving Object Detection, karenanya Nissan Terra dilengkapi 4 buah kamera yang ditanamkan pada masing-masing bagian. Diantaranya dibagian hidung (dibawah logo Nissan bagian depan), spion kiri dan kanan, dan bagian buntut. 


Mobil ini juga bisa diajak off-road pasalnya mobil ini memiliki ground clearance 225mm. Selain itu mobil ini didukung 4WD-DIFF lock system yang dapat mengunci ke empat roda sehingga mobil akan mudah mendapatkan traksi maksimum dijalan licin. Kemudian ada Hills Start Assist yang membantu menahan mobil agar tidak meluncur ketika sedang berhenti ditanjakan, demikian juga ketika turun agar bisa mengontrol kecepatan maka disematkan fitur Hill Descent Control.

Pada sektor dimensi, kali ini Nissan Terra sendiri mengusung rangka/sasis Ladder Frame yang dikenal unggul dalam menopang bodi pada mobil bertubuh bongsor serta sangat efektif dalam membawa penumpang maupun barang. Ukuran dimensi mobil ini adalah 4895mm x 1865mm x 1835 mm dengan wheelbase sebesar 2850 mm. 

Dibagian kaki-kaki tampak pihak pabrikan juga mengandalkan beberapa fitur untuk menunjang kenyamanan dalam berkendara. Dengan mengusung suspensi Double Wishbone with Stabilizer dibagian depan dan Multi-link (5 link) begitu juga dengan bagian belakang yang juga dilengkapi Stabilizer. 
Adanya dua suspensi ini akan menjamin bahwa mobil ini aman jika dikendarai pada medan jalan yang cukup ekstrim. Dikarenakan kedua suspensi ini mampu menjaga kelenturan atau meredam getaran saat melewati medan jalan yang ekstrim.

AirBag di seluruh bagian mobil

Sistem Pengereman ABS

VDC (Vehicle Dynamic Control)

Sistem pengereman EBD

Fitur keselamatan yang ada mobil ini adalah tersedianya teknologi Airbag yang sangat kompleks diseluruh bagian mobil. Kemudian ada juga teknologi pengereman ABS, EBD, dan BA yang pastinya membuat sistem pengereman pada SUV ini menjadi lebih handal dan pengemudi pun mampu mengendalikan laju mobil secara sempurna. Ditambah lagi dengan adanya fitur VDC (Vehicle Dynamic Control) untuk membantu pengemudi mengendalikan laju mobil saat di tikungan tajam dengan cara mengurangi tenaga mesin dan memperkuat tenaga rem pada roda tertentu.


Pada sektor mesin, Nissan Terra mengusung mesin diesel 4 silinder tipe DOHC yang juga mengusung kapasitas kubikasi hingga 2488cc dengan jenis roda penggerak 2WD. Kemudian Nissan Terra juga menyediakan dua pilihan transmisi yaitu transmisi manual 6 percepatan dan transmisi otomatis 7 percepatan.
Dengan mesin canggih dan transmisi handal tersebut maka SUV ini diklaim bakal mampu menghasilkan tenaga hingga 190 Ps per 3600 rpm dan sanggup mencapai titik puncak torsi hingga 450 Nm per 2000rpm. Perlu diketahui juga bahwa Nissan Terra ini mengusung sistem pembakaran CRDI dengan bahan bakar jenis Diesel, sehingga akan membuat mobil ini mempu mengkonsumsi bahan bakar secara lebih efektif dan efisien. 


Untuk harga dari Nissan Terra ini sendiri dikarenakan belum dipasarkan di Indonesia jadinya AGG hanya bisa memberikan harga yang berupa estimasi. Estimasi harga dari Nissan Terra ini adalah sekitar Rp. 460.000.000. Harga tersebut sudah merupakan harga yang sangat masuk akal dengan pertimbangan bahwa mobil ini mungkin akan dibanderol dengan harga yang lebih murah daripada Pajero Sport maupun Fortuner.

0 comments:

Post a Comment