Kawasaki Z125 Pro, Motor Mungil Bertenaga dari Kawasaki



AGG- Kawasaki memang dikenal sebagai salah satu perusahaan ternama di Indonesia. Produk otomotif yang mereka hasilkan juga sangat diharapkan oleh para pecinta otomotif di Tanah Air. Apalagi jika membicarakan mengenai produk mereka seperti Kawasaki Ninja yang sangat banyak diminati oleh para kaum anak muda.

Kawasaki Motor Indonesia (KMI) selalu sukses menguasai pangsa motor gede atau motor sport di Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya lewat Kawasaki Ninja. Kali ini mereka kembali menghadirkan produk motor sportnya yang masuk dalam keluarga Kawasaki Z series yaitu Kawasaki Z125 Pro.


Kawasaki Z125 Pro ini pertama kali muncul dan diperkenalkan di negeri Thailand, di Thailand motor ini mampu meraih kesuksesan sehingga membuat PT KMI ingin memboyongnya ke Indonesia. Di Negeri Gajah Putih tersebut, Kawasaki Z125 Pro dihadirkan untuk berkompetisi dengan Honda MSX 125 dikelas sport mini moto.

Sebelumnya sempat dikhawatirkan dengan kemunculan Kawasaki Z125 Pro ini akan mengganggu performa dari Kawasaki KSR 110 yang lebih duluan diluncurkan di Indonesia. Namun menurut kabar terakhir, Kawasaki memastikan bahwa kehadiran dari Kawasaki Z125 Pro ini tidak akan mengganggu Kawasaki KSR 110 yang menjadi andalan Kawasaki Indonesia di segmen mini moto.


Mengambil konsep supernaked agresif, Kawasaki Z125 Pro secara tampilan masih mewakili konsep desain tajam dan sporty, yang merupakan khas dari model Kawasaki Z. Selain itu, untuk model Z125 Pro ini Kawasaki menggabungkan basis desain antara Kawasaki Z series dengan Kawasaki ER6N.

Secara teknis, memang Z125 Pro masih mengambil basis yang sama dengan Kawasaki Athlete Pro. Namun PT KMI sendiri mengklaim jika mesin yang digunakan pada Kawasaki Z125 Pro telah di-upgrade sedemikian rupa sehingga lebih powerfull dan tentunya hemat bahan bakar.

Berikut adalah spesifikasi dari Kawasaki Z125 Pro :

SPESIFIKASI KAWASAKI Z125 PRO

MESIN
  • Tipe Mesin : SOHC 4-Stroke, 2-Valve, Single Cylinder, Air-cooled
  • Maksimum Power : 9,4 PS / 7.500 rpm
  • Torsi Maksimum : 9,5 N.m / 6.000 rpm
  • Volume Silinder : 125cc
  • Valve System : SOHC, 2-Valves
  • Sistem Bahan Bakar : Fuel Injection
  • Sistem Pengapian : Magneto DC-CDi
  • Sistem Pendingin : Udara
  • Perbandingan Kompresi : 9,8 : 1
  • Diameter x Langkah : 56.0mm x 50.6mm
  • Jumlah Transisi : 4-Speed Return
  • Type Kopling : Wet multi-disc manual
DIMENSI
  • Panjang : 1.700mm
  • Lebar : 740mm 
  • Tinggi : 1.005mm
  • Jarak Sumbu Roda : 1.175mm
  • Tinggi Tempat Duduk : 780mm
  • Berat Kotor : 101 Kg
  • Kapasitas Tangki Bensin : 7,4 Liter
RANGKA
  • Suspensi Depan : Upside-Down, Teleskopik (Inverted)
  • Suspensi Belakang : Single Shock
  • Rem Depan : Disc Brake NISSIN
  • Rem Belakang : Disc Brake NISSIN
  • Ban Depan : 100/90 - 12 49J
  • Ban Belakang : 120/90 - 12 51L

Motor baru dari keluarga Kawasaki Z series ini hadir dengan memakai mesin motor yang berkapasitas 125cc. Mesin ini akan mengusung mesin silinder tunggal 4 langkah dengan tipe SOHC yang mana memiliki kapasitas kubikasi mencapai 125cc.
Mesin tersebut dipastikan bakal dikawinkan dengan sistem transmisi 4 percepatan model Return Shift yang mana diklaim sanggup mencapai tenaga maksimum hingga 6.9 kW (9.4 PS) / 7.500rpm dan mampu meraih torsi puncak 9.5 Nm {0.97 kgf.m} / 6.000 rpm.
Selain itu motor Kawasaki Z125 Pro ini dilengkapi dengan sistem pendingin berupa udara (Air-Cooled) yang berfungsi sebagai sistem pendingin mesin agar suhu mesin tetap stabil. Dengan begitu maka dengan melihat kapasitas mesin maupun hasil tenaga yang disemburkan, tampaknya moge bergaya street bike entry level ini mampu berakselerasi dengan kecepatan yang cukup mumpuni dikelasnya.


Hadir dengan konsep desain ala Kawasaki Z series, Kawasaki Z125 Pro ini menampilkan pesona motor sport dengan ukuran body yang kecil mungil. Secara detail, dibagian depan, terlihat headlight yang tampaknya masih mengandalkan lampu bohlam namun dibuat dengan desain futuristik bersudut runcing khas Z series. 


Motor sport ini memiliki struktur dimensi dengan ukuran proposional untuk sekelas naked bike entry level yang dilengkapi dengan panjang yang mencapai 1.700mm dengan lebar 740mm dan tinggi motor yang mencapai 1.005mm. Selain itu, Kawasaki Z125 Pro ini juga akan dibekali dengan tangki bahan bakar berkapasitas 2 Gallon atau setara dengan 7.5 Liter yang dibuat dengan garis desain tegas untuk memberikan kesan sporty. 


Motor ini memang banyak menampilkan eksterior dengan lekukan-lekukan tajam ala Kawasaki Z series. Seperti yang bisa dilihat pada bagian bawah tangki dari Kawasaki Z125 Pro ini yang dibekali dengan susunan blok mesin yang begitu rapi dan ideal sehingga mengesankan kegaharan dari motor ini.

Motor ini memiliki jarak sumbu roda 46.3 inci (1176 mm), ground clearance setinggi 6.1 inci (154.9 mm) serta memiliki bobot 101.9 kg, Sehingga dari ukuran tersebut bisa dipastikan jika Kawasaki Z125 Pro ini bakal menjadi street fighter entry level namun tetap mempertahankan kesan premiumnya. 


Berbicara soal kenyamanan, setang motor ini disematkan dengan posisi yang pas untuk memberikan kenyamanan saat berkendara jarak jauh. Disisi lain, pihak Kawasaki pun juga telah menyematkan jok yang dibuat mengikuti alur desain dengan konsep memanjang dan menyatu antara jok pengemudi dan penumpang dengan ketinggian jok berukuran 805mm, sehingga dipastikan bakal memberikan posisi riding yang comfortable dan proposional. 


Untuk bagian knalpot motor ini dibuat lebih minimalis dengan posisi dibagian bawah mengusung konsep Mass-Centralized Design Exhaust yang begitu compact. Untuk bagian belakang terdapat stop lamp dengan desain yang bagus untuk sekelas motor sport naked entry level.


Speedometer yang disematkan pada motor ini menggunakan kombinasi panel digital-analog, dimana panel analog ditempatkan disebelah kiri yang menunjukan informasi mengenai rpm x1000/min. Sedangkan, untuk panel digital dari speedometer yang diusung Kawasaki Z125 Pro tersebut akan menampilkan beberapa informasi yang atraktif seperti trip meter, kecepatan, jarak (mile), posisi gigi/gear, dan indikator bahan bakar serta jam digital. 


Kawasaki Z125 Pro mengandalkan rangka Backbone dan menggunakan suspensi dengan jenis Upside-down dengan ukuran fork 30mm dengan panjang stroke 100mm untuk bagian depannya akan mampu menghasilkan stabilitas berkendara kelas satu. Sedangkan untuk bagian belakang Kawasaki memansang suspensi dengan jenis Single Shock atau Monoshock tanpa Link. 


Suspensi yang dipakai oleh motor ini memang terbilang tangguh dan mampu menghasilkan handling dan perform berkendara yang cukup baik dan nyaman. Untuk meningkatkan performa berkendara yang lebih maksimal motor ini dilengkapi dengan ban depan berukuran 100/90-12 49J dan ban belakang berukuran 120/90-12 59L. Fitur keselamatan pada motor ini adalah dengan dipasangkan rem depan dan belakang DISC Brake NISSIN sehingga keselamatan lebih terjamin.


Dengan melihat banyaknya keunggulan yang ditawarkan, belum lagi ditambah model yang satu ini diimpor langsung dari negeri Thailand sudah dipastikan bahwa motor mini akan dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Harga resmi untuk motor ini adalah Rp 30,8 juta, tapi menurut AGG sendiri jika mau dibilang mahal juga tidak karena melihat fitur yang diberikan cocok sekali rasanya bila motor ini dihargai segitu. 

0 comments:

Post a Comment