KYMCO SuperNEX, Motor Electric Gaya Sport






AGG- Tahun 2019 yang akan datang menjadi tahun dimana para produsen sepeda motor berlomba-lomba untuk membuat sepeda motor listrik yang digadang-gadang akan menjadi alat transportasi masa depan.


Hal ini dikarenakan mencuatnya masalah pemanasan global dan kelangkaan Bahan Bakar Minyak. Meskipun sudah banyak juga yang memakai Bahan Bakar Gas, namun hal ini masih dirasa tidak cukup oleh para produsen sepeda motor. Sehingga mereka berinisiatif untuk mencoba menggunakan tenaga listrik agar bisa mengerakkan mesin kendaraan.


Seperti yang kita ketahui bahwa cara kerja sepeda motor listrik itu pada dasarnya sama dengan cara kerja sepeda motor bertenaga bensin, perbedaan utamanya adalah bahan bakar bensin di motor konvensional diganti dengan baterai atau fuel cell dalam bentuk listrik.

Sebenarnya sepeda motor listrik sudah tidak asing lagi karena saat ini sudah banyak sekali produsen yang membuat berbagai jenis alat transportasi listrik seperti scooter, trail. Penggunaan Sepeda Motor Listrik ini pun sudah sangat marak sekali dan kini banyak dilakukan inovasi dan terobosan baru dalam menciptakan jenis baterai sebagai sumber energi yang dapat menunjang jarak tempuh kendaraan listrik ini.

Perusahaan asal Taiwan, KYMCO atau biasa disebut Kwang Yang Motor Co, Ltd baru-baru ini memperkenalkan sepeda motor listrik buatannya yang disebut dengan KYMCO SuperNEX. Motor listrik ini pun tampak sekali berbeda dengan yang lain, kalau biasanya rata-rata motor listik yang diciptakan menggunakan bentuk atau pun konsep yang unik maka KYMCO membuat motor listrik ini bergaya motor sport yang keren.


Tentunya hal ini menjadi perhatian yang lebih karena KYMCO yang sudah terkenal menyajikan skuter secara tiba-tiba memamerkan motor sport berjantung listrik mereka pada pameran EICMA 2018, di Milan, Italia.

Sekilas motor ini mirip sekali dengan produk MV Agusta. Pihak KYMCO mengatakan bahwa pada saat mereka mendesain SuperNEX mereka berfokus pada tiga hal yang kurang pada motor listrik yang sudah beredar saat ini yaitu suara sporty seperti mesin pembakaran mesin, rasa pergantian gigi transmisi dan kecepatan tinggi sehingga kemudian diciptakan motor listrik yang sangat gagah dan keren ini.


Tak hanya sampai disitu saja, kejutan lain yang tidak kalah adalah dengan disediakannya perpindahan transmisi sebanyak 6-speed seperti yang ditawarkan mesin konvensional, seperti yang kita ketahui sampai saat ini sangat jarang sekali ada motor listrik yang menggunakan perpindahan transmisi. Tujuannya sendiri menurut KYMCO adalah untuk tetap mempertahankan rasa supersport di motor listrik dengan bisa tetap mengoper gigi transmisi.


Transmisi ini juga memaksimalkan efisiensi baterai dan responsif motor listrik yang berpengaruh pada akselerasi dan kecepatan puncak yang lebih tinggi. Pihak KYMCO mengklaim SuperNEX dapat bergerak dari diam hingga 100 km/jam dalam waktu 2,9 detik saja.


Dengan hadirnya transmisi manual dengan Slipper Clutch ini, SuperNEX juga dibekali dengan QuickShifter sehingga ketika memasuki kecepatan tertentu pengendara tidak perlu lagi menekan tuas kopling untuk menaikkan dan menurunkan gigi perseneling.

Dari penampilannya sendiri, SuperNEX memang sangat garang sekali dapat dilihat dengan disediakannya beberapa komponen seperti berikut :
  • Rangka Aluminium
  • Swing Arm Aluminum
  • Suspensi Depan Teleskopik Terbalik (USD) dari OHLINS
  • Pengereman Kaliper BREMBO RADIAL dengan Master Rem Brembo
  • Lampu-lampu LED
  • Velg OZ Racing Magnesium
  • Selang Rem Braided Stell
  • Ban Metzeler
Untuk suara motor listik yang senyap, KYMCO menggunakan Active Acoustic Motor yang secara dinamis menciptakan suara dari mesin. Suara mesin yang artifisial ini akan membangkitkan rasa emosional dan respon dari pengendara disamping juga menjadi alat komunikasi untuk menunjukan kecepatan.


Motor ini juga dilengkapi dengan teknologi "KYMCO FEP" yaitu KYMCO Full Engagement Performace yang merupakan sistem manajemen kinerja yang caggih, yang memungkinkan pengendara untuk melibatkan potensi penuh kendaraan.


Dengan FEP, pengendara dapat selalu melakukan peluncuran yang sempurna. Selama melakukan akselerasi, FEP memastikan tidak ada roda selip. Selama pengereman, FEP mencegah roda belakang ter-angkat, kemudian saat berkendara melewati permukaan tidak rata atau basah FEP memberikan traksi maksimum.


Kemudian ada juga mode berkendara yang disematkan pada SuperNEX dengan didukung teknologi Adaptive Machine Personalities yang tersedia dalam pilihan Poised, Assertive, Bold dan Extreme atau dalam bahasa umum adalah Tour, Road, Sport, dan Race.


Hingga saat ini, pihak KYMCO sendiri masih belum mau atau enggan memberikan sedikit bocoran mengenai spesifikasi dari SuperNEX ini. Hanya saja, ada satu hal yang pasti dari pihak KYMCO sendiri yaitu melalui sang CEO Allen Ko yang mengungkapkan jika SuperNEX merupakan sebuah supersport yang mana tidak lain untuk spesifikasi dan fitur yang disematkan pada motor ini tidak akan terlalu banyak berbicara mengenai unsur kepraktisan akan tetapi lebih berkonsentrasi pada sensasi dari performa motor itu sendiri.

0 comments:

Post a Comment