Tips Berkendara dengan Aman dan Nyaman versi AGG



AGG- Kecelakaan lalu lintas semakin meningkat dari hari ke hari, tidak jarang juga semua itu merupakan kelalaian dari pengendara itu sendiri. Berkendara dengan aman dan nyaman harus diterapkan setiap pengendara.

Menjadi seorang pengendara baik itu merupakan pengendara motor maupun mobil ketika berada di jalan raya diharuskn untuk menaati peraturan dan juga sikap yang disiplin, ingat bahwa jalanan itu bukan milik pribadi, namun milik semua orang.

Saat ini sudah banyak sekali kendaraan yang dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan seperti air bag pada mobil dan rem abs pada motor. Salah satu fitur yang menarik perhatian adalah fitur Cruise Control pada mobil.


Cruise Control ini bisa digunakan pada jalan tol yang lancar, fungsinya adalah memungkinkan kendaraan melaju dengan kecepatan konstan tanpa harus menginjak pedal gas terus-menerus sama seperti halnya autopilot.

Contohnya adalah jika Cruise Control ini disetel pada kecepatan 60km/jam maka mobil akan melaju secara konstan di kecepatan 60km/jam, dan cara untuk menonaktifkannya pada beberapa mobil hanya dengan menginjak pedal rem maka kecepatan akan berkurang.

Namun dibalik kecanggihan teknologi ini disarankan untuk tidak terlena dengannya karena bisa jadi ini akan menjadi bumerang bagi pengendara sendiri. Karena sudah terlena dengan teknologi pengendara bisa saja sampai lupa dengan menginjak pedal rem mobil.

Berikut adalah beberapa Tips yang bisa Anda terapkan ketika berkendara :

1. PERIKSA KENDARAAN ANDA


Sebelum memulai berkendara ada baiknya jika Anda memeriksa dulu kendaraan Anda, seperti memeriksa bagian mesin, ban dan komponen pelengkap lainnya. Karena hampir semua kecelakaan terjadi adalah dari kelalaian pengendara memeriksa komponennya.

2. ATUR POSISI PENGEMUDI

Baik itu pengendara motor maupun mobil, Anda juga harus tahu bagaimana cara mengatur posisi tempat duduk yang baik, menurut Sony Susmana, Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), untuk mendapatkan posisi duduk yang aman dan nyaman, pengemudi harus memperhatikan 4C yaitu Clean, Communication, Control, dan Comfort.

Clean yang dimaksud mencakup Inner dan Outer, Outer maksudnya adalah tubuh kita, tidak ada ganjalan ketika duduk dan Inner berarti mempersiapkan mental sebelum berkendara. Communication yang dimaksud adalah dengan kendaraan yang kita pakai, hal-hal seperti blind spot harus minim.

3. GUNAKAN SABUK PENGAMAN (MOBIL) DAN HELM (MOTOR)


Jika Anda merupakan pengguna mobil maka ada baiknnya jika Anda menggunakan sabuk pengamana ketika berkendara. Teknologi yang ada di mobil saat ini memungkin akan adanya peringatan dengan suara ketika tidak terpasangnya sabuk pengaman ketika berkendara. Sabuk pengaman berfungsi untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari kecelakaan ketika terjadi benturan.

Jika Anda merupaka pengguna motor maka sebaiknya Anda memakai helm ketika berkendara kemana saja meskipun jarak yang akan ditempuh nantinya dekat. Karena Helm berfungsi untuk melindungi kepala Anda ketika kecelakan terjadi.

4. IKUTI ARUS LALU LINTAS


Sebagai pengendara yang disipling maka Anda harus mematuhi peraturan lalu lintas yang ada sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan. Karena jika melanggar maka bisa saja menyebabkan terjadinya kecelakaan dan Anda juga akan terkena pasal hukum dan Undang-Undang tentang Transportasi.

5. ATUR KECEPATAN BERKENDARA

Kecepatan ketika berkendara juga harus diatur, seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa jalanan bukan milik pribadi namun milik semua orang. Jika Anda sedang terburu-buru, boleh-boleh saja menambah kecepatan namun tetap ingat safety first.

"Dari Mimpi Anda ternyata bisa jadi Uang loh, Kok bisa? Yuk Gabung bersama kami - LINK


6. SERING PERIKSA KACA SPION ANDA

Hal ini dilakukan untuk melihat keadaan dibelakang kendaraan kita, pengendara seringkali mengabaikan hal ini dan ketika ingin menyalip mobil yang didepan seharusnya harus melihat keadaan dari belakang mobil terlebih dahulu sehingga kecelakaan bisa terhindarkan. Perhatikanlah pengendara lain yang berada pada samping kanan dan kiri Anda.

7. SELALU GUNAKAN JALUR KANAN UNTUK MENYALIP


Sama seperti hal diatas, bahwa ketika Anda ingin menyalip kendaraan didepan Anda, maka gunakanlah jalur kanan untuk menyalip. Karena jalur kanan adalah jalur untuk kendaraan yang lebih cepat. Hal ini juga sudah menjadi peraturan lalu lintas yang sudah ditetapkan dalam Undang-Undang Transportasi.

8. DILARANG MENGGUNAKAN PONSEL KETIKA BERKENDARA

Ini adalah salah satu penyakit yang seakan tidak bisa sembuh dari pengendara di jalan raya. Penggunaan telepon genggam atau ponsel dapat mengganggu konsentrasi pada saat berkendara. Sebaiknnya jika benar-benar ingin menggunakan ponsel maka Anda bisa berhenti sejenak di samping jalan yang memang tidak ada larangan untuk berhenti. Dengan melakukan hal tersebut Anda sudah menghindari yang namanya kecelakaan.

9. ISTIRAHAT JIKA MENGANTUK

Berkendara baik dalam jarak tempuh dekat atau jauh membutuhkan kesehatan yang prima. Karena jika kondisi tubuh prima maka konsentrasi ketika berkendara juga penuh dan otomatis kecelakaan akan terhindarkan.


Contohnya adalah ketika berkendara di jalan bebas hambatan, seringkali pengendara merasakan micro sleeping ketika sudah berkendara cukup lama di jalan tol. Biasanya orang akan merasakan micro-sleep jika sedang melakukan sesuatu yang monoton dan sangat melelahkan. Menurut peraturan perUndang-Udangan bahwa durasi maksimal kerja saat mengemudi dianjurkan 8 jam sehari.

10. JAGALAH PENGLIHATAN KETIKA BERKENDARA DI MALAM HARI

Berkendara saat malam hari sangatlah melelahkan karena konsentrasi mata terkuras, jika Anda berkendara dimalam hari maka jagalah penglihatan Anda dengan baik supaya Anda terhindarkan dari kecelakaan. Banyak sekali pengendara bandel yang tidak menghidupkan lampu ketika berkendara di malam hari, disarankan untuk tidak mengebut ketika berkendara dimalam hari.

Itulah beberapa Tips Berkendara Aman dan Nyaman versi AGG, Apakah Anda setuju dengan tips diatas? Jangan malu untuk memberitahukannya kepada kami di kolom COMMENT dan jangan lupa juga untuk di SHARE supaya orang lain yang membutuhkan bisa tahu informasi ini.



0 comments:

Post a Comment