Kei-Car, si Kecil Kesukaan Warga Jepang



AGG- Jepang merupakan negara yang mempunyai produsen otomotif terkenal di dunia, sebut saja Yamaha, Honda, Mitsubishi, Daihatsu dan lainnya. Para produsen mobil ini selalu menghadirkan mobil baru yang gagah nan keren.

Tapi ternyata di Jepang sendiri mayoritas masyarakat disana lebih menyukai mobil mungil atau biasa disebut Kei Car. Mobil ini sangat diminati oleh warga Jepang meskipun memang diketahui banyak dari mereka yang lebih memilih menaiki angkutan umum.

Selera dari orang Jepang ini sangat berbeda dengan selera dari orang Indonesia pada umumnya, jika orang Indonesia umumnya menyukai desain mobil yang luas dan bisa menampung banyak orang lain halnya dengan orang Jepang yang memilih mobil dengan desain mungil dan kotak.

Kei Car atau biasa disebut dengan keijidosha (Light AutoMobile) adalah salah satu kategori kendaraan di Jepang yang mempunyai mesin dengan kapasitas dibawah 660CC yang mana dirancang sebagai jawaban dari peraturan pajak dan asuransi pemerintah Jepang.


Lalu, apa sih yang membuat orang Jepang lebih memilih menggunakan Kei Car dibandingkan dengan mobil lain pada umumnya ?

Sejarah Kei Car pertama kali dimulai sejak perang dunia ke 2 dimana sebagian besar dari masyarakat Jepang saat itu tidak mampu untuk membeli mobil dengan ukuran pada umumnya. Namun mereka masih bisa membeli sepeda motor, sehingga akhirnya muncul sebuah ide untuk menciptakan mobil dengan dimensi yang mungil namun dengan harga terjangkau.

Pada awal tahun pembuatannya yaitu pada tahun 1949, Kei Car hanya diproduksi khusus berkapasitas 150cc dengan 4-stroke dan 100cc dengan 2-stroke, dimensi yang digunakan juga hanya sepanjang 1 Meter dengan tinggi 2.8 Meter.


Kemudian pada tahun 1950-1955 dinaikkan kembali menjadi 360cc hingga akhirnya pada tahun 1998 secara resmi naik ke mesin berkapasitas 660cc dengan kecepatan maksimumm 47 kW (63hp).

Pada awal tahun 90-an, Kei Car dinamakan dengan nama ABC. Mungkin sebagian orang banyak yang mengenal ABC sebagai produk baterai ataupun makanan namun jika berada di Jepang ABC dikenal sebagai mobil yang khas seperti halnya Suzuki, Toyota, Mazda dan lain-lain.

Meskipun Kei Car memiliki tampilan yang kecil namun teknologi yang disematkan pada mobil kecil ini tidak main-main, sehingga peforma yang dihasilkan juga sangat baik pada kelasnya.


Sayangnya kesuksesan dari Kei Car ini masih belum bisa merambah ke luar Jepang, karena mesin yang digunakan oleh Kei Car ini tergolong kecil dan kebanyakan orang sekarang ini menginginkan mobil dengan kapasitas yang tinggi.

Apakah anda tertarik untuk mencoba mobil kecil ini ? Yuk berikan tanggapan Anda di kolom COMMENT dan jangan lupa di SHARE.

0 comments:

Post a Comment