Daftar Negara di Dunia yang Melarang Mobil-mobil karena Dianggap Berbahaya



AGG- Perkembangan teknologi di dunia saat ini memang sudah sangat pesat dan tidak bisa dipungkiri bahwa berkat perkembangan itu banyak sekali industri yang terkena dampaknya. Baik itu merupakan dampak baik ataupun dampak buruk yang pastinya adalah memang setiap industri harus mengikuti perkembangan jaman tersebut agar tidak disebut ketinggalan jaman.

Salah satu industri yang terkena dampak teknologi yang cukup besar adalah industri Otomotif. Jika melihat pada mobil keluaran jaman dulu banyak sekali yang tidak dilengkapi dengan teknologi canggih yang disematkan pada mobil keluaran terbaru saat ini.

Teknologi yang disematkan ke mobil-mobil baru sekarang merupakan teknologi yang sangat canggih sehingga membuat banyak sekali orang-orang tertarik untuk membeli mobil baru demi mencoba fitur yang dipasang pada mobil tersebut.

Teknologi yang dipasang juga digunakan untuk mendukung faktor-faktor ketika berkendara salah satunya faktor keselamatan. Banyak sekali mobil baru saat ini yang lebih mengutamakan kenyamanan maupun tenaga mesin sehingga faktor yang sangat penting tersebut seolah terlupakan.

Faktor keselamatan sebuah kendaraan menjadi kriteria utama yang harus diperhatikan saat ini. Karenanya produsen mobil saat ini berlomba-lomba untuk meningkatkan teknologi yang lebih baik untuk menunjang keselamatan penumpang.

Berbicara mengenai faktor keselamatan, pastinya setiap negara di dunia ini memiliki standar keselamatan tersendiri. Karenanya banyak mobil baru yang diproduksi sesuai dengan kebutuhan di negara tersebut. Tak jarang fitur yang disematkan pun berbeda meskipun jenis mobil yang digunakan sama.

Fitur teknologi keselamatan yang digunakan saat ini bermacam-macam mulai dari sabuk pengaman, airbag, crumple zone dan lainnya. Teknologi tersebut menjadi perangkat wajib di dalam mobil namun juga ada teknologi lain yang dilarang karena dianggap berbahaya.

Berikut ini ada beberapa negara yang melarang penjualan suatu model di negara tersebut karena kurangnya fitur keselamatan yang disematkan sehingga dianggap sangat membahayakan pengemudinya. Berikut daftarnya :


1. AUSTRALIA

Ford Mustang yang digunakan di negara ini memiliki salah satu fitur yang cukup keren, namun dilarang oleh pemerintah setempat karena dianggap membahayakan. Fitur yang dimaksud adalah fitur Line Lock.


Fitur ini memungkinkan ban depan mobil akan terkunci namun ban belakangnya akan terus berputar sehingga sama seperti yang dilakukan oleh pembalap profesional sebelum melakukan start, nama atraksi ini adalah BurnOut. Di Australia melakukan atraksi Burnout dilarang keras dan ada aturan tegas yang mengaturnya.


2. INDIA

Di negara ini mobil otonom sangat-sangat dilarang beroperasi. Kenapa ? Alasannya adalah karena hal tersebut sengaja dilakukan oleh pemerintah setempat untuk melindungi profesi supir.


Menurut pemerintah disana teknologi yang sangat canggih saat ini yang memungkinkan mobil dikendali tanpa supir itu sangat berpotensi membuat orang kehilangan pekerjaan.


3. TURKMENISTAN

Jangan heran jika ketika Anda berkunjung ke negara ini dan tidak menemukan mobil warna hitam. Tidak akan ditemukan mobil warna hitam di negara ini karena sejak tahun 2015 lalu, pemerintah Turkmenistan melarang semua mobil berwarna hitam untuk berlalu lalang di ibukota negara tersebut.


Dan peraturan tersebut berujung pada tidak diimpornya mobil berwarna hitam di negara tersebut, alasannya sangat sederhana yaitu hanya pada persoalan kepercayaan. Presiden Gurbanguly Berdymykhammedow memiliki keyakinan yang kuat kalau warna putih merupakan warna yang membawa keberuntungan.


4. ISRAEL

Mobil Chervrolet Super Sport yang sangat keren itu dilarang masuk ke negara ini hanya dikarenakan singkatan dari mobil tersebut. Chevrolet Super Sport atau biasa disebut Chevrolet SS itu dilarang karena singkatan dari SS.


SS di Israel merupakan kependekan dari Schutzstaffel yang merupakan pihak militer yang diklaim paling bertanggung jawab atas serangan genosida ke enam juta kaun Yahudi.


5. KOREA SELATAN

Di tahun 2016, pemerintah Korea Selatan resmi melarang mobil Volkswagen atau bisa disebut VW beredar di Negeri Ginseng. Otoritas setempat melarang penjualan 32 model keluaran dari VW karena kasus emisi dieselgate yang melibatkan produsen mobil asal Jerman tersebut.


6. MESIR

Chevrolet lagi-lagi dilarang, kali ini Mesir merupakan negara selanjutnya yang melarang mobil tersebut beredar. Alasannya cukup sederhana, karena penduduk negara tersebut menganggap logo yang dimiliki oleh Chevrolet mirip dengan lambang salib yang dikatakan bertentangan dengan umat Islam disana.


7. AMERIKA SERIKAT

Negeri Paman Sam paling banyak melarang mobil untuk beredar di negara mereka. Mobil asal Inggris TVR dengan tipe Tuscan, T350, Cerbera, dan Sagaris dilarang masuk ke Amerika Serikat karena minimnya fitur keselamatan pada mobil tersebut. Meskipun diklaim sudah aman untuk dikendarai dan diuji coba nyatanya mobil-mobil tersebut tidak memiliki fitur ABS, Traction Control, dan bahkan Airbag juga tidak ada.


Kemudian ada mobil super Pagani Zonda R yang juga dilarang karena tidak ada fitur airbag canggih. Dan masih banyak banyak lagi seperti :
  • Porsche Carrera 964 RS - Kecepatan terlalu tinggi, Tidak dilengkapi Airbag
  • Nissan Pulsar GTi-R - Posisi kemudi berada disebelah kanan
  • Aston Martin Virage Volante - Tidak lolos regulasi emisi AS, Tidak dilengkapi Airbag
  • 1995 Audi RS2 Avant - Memiliki kecepatan maksimal 262 km/jam dianggap berbahaya
  • Volkswagen Amarok - Diproduksi di tahun 2010, Tidak memenuhi standar keamanan AS
  • Nissan Skyline R34 GT-R V-Spec - Posisi kemudi disebelah kanan 
  • Ford Focus RS500 - Memiliki kecepatan maksimal 257 km/jam dianggap berbahaya
  • Nissan Patrol - Tidak lolos standar regulasi bagian knalpot
  • Noble M600 - Tidak memiliki rem ABS
  • Rover Mini Cooper - Tidak memiliki Airbag dan tidak lolos uji tabrak
  • 2002 Morgan LeMans Prototype - Tidak semua pintu memiliki Handle
  • Land Rover Defender - Di tahun 1998 tidak lolos regulasi mesin dan gagal dalam uji tabrak
  • Lotus Elise S1 - Penjualan rendah di luar Eropa
  • Lotus Elise 350R - Hanya diproduksi 340 unit dengan model roofless
  • Diesel Mode Land Cruiser by Toyota - Tidak lolos regulasi emisi gas buang
  • Jaguar XJ220-S - Bermasalah di tingkat keamanan, boleh masuk ketika ada pameran otomotif
  • Toyota Hilux - Tahun 1995 tidak lolos uji emisi gas buang standar AS
  • Lamborghini Strosek Diablo - Hingga tahun 1993 tidak memenuhi standar keamanan AS
Sekian dulu untuk artikel kali ini, Jangan lupa di COMMENT dan di SUBSCRIBE
Terima Kasih

0 comments:

Post a Comment