Aneh Tapi Nyata, Plat Nomor Kendaraan di Australia Menggunakan Emoji



AGG- Emoji merupakan sebuah karakter bergambar yang biasanya digunakan untuk mencerminkan perasaan atau emosi seseorang ketika melakukan percakapan. Dijaman digital ini emoji dibuat didalam percakapan digital. Keberadaan daripada Emoji ini sendiri dianggap berguna, karena seseorang bisa menceritakan perasaanya, tanpa perlu mengetikkan pesan.

Namun bagaimana jika Emoji ini digunakan pada Plat Nomor Kendaraan? Aneh bukan? Tapi hal tersebut benar adanya. Baru-baru ini di Australia khususnya di Queensland, terhitung mulai dari bulan Maret 2019 mendatang, seluruh Plat Nomor Kendaraan disana bisa disematkan Emoji.

Keputusan ini dirilis secara resmi oleh Personalised Plates Queensland (PPQ), Menurut juru bicara dari Royal Automobile Club of Queensland, Rebecca Michael, dalam beberapa waktu belakangan ini, mereka merasa orang-orang bisa mendukung tim favorit atau kota favorit mereka dengan simbol di plat nomor kendaraan masing-masing.

Penggunaan Emoji nantinya akan dikenakan biaya tambahan mulai dari US$70 sampai dengan US$500 atau sekitar Rp. 982.000 sampai dengan Rp.7.000.000 per Plat Nomor Kendaraan.

Melalui Queensland Department of Transport and Main Roads mengumumkan bahwa Plat Nomor Kendaraan Emoji bisa digunakan pada awal bulan Maret 2019.


Queensland sendiri akan menjadi wilayah pertama di dunia yang menerapkan kebijakan tersebut. Pada awal peluncuran plat ini, PPQ hanya akan menyiapkan 5 varian Emoji yaitu Crying Laughing Emoji, Sunglasses Emoji, Winking Emoji, Smiling Emoji, Heart-Eyes Emoji.

Mengutip dari The Verge, meskipun diperbolehkan menggunakan Emoji tetapi tetap ada aturan dalam penggunaan Emoji tersebut. Pemilik kendaraan tidak diperbolehkan meminta Plat Nomor Kendaraan yang berisi Emoji semua.


Namun kebijakan ini tidak sedikit menuai kritikan dari masyarakat disana, mereka menganggap bahwa ada maksud dan tujuan lain dari kebijakan tersebut. Menurut mereka pemerintah sedang mendulang jumlah Plat Nomor Kendaraan dan mengeruk uang.

Hal yang senada juga disampaikan oleh President Queensland Law Society, Bill Potts, menurutnya tujuan utama dari penggunaan Plat Nomor Kendaraan adanya agar Polisi dapat mengidentifikasi kendaraan, masalahnya adalah bagaimana caranya menulis emoji yang tertera di Plat Nomor Kendaraan Anda jika habis mengalami kecelakaan?.


0 comments:

Post a Comment