Yamaha YZF-R1M, Moge Yamaha yang Mengadopsi Teknologi MotoGP Valentino Rossi



AGG- Yamaha kembali meluncurkan salah satu motor andalannya pada ajang GIIAS 2017 lalu yang dikenal sebagai salah satu motor sport kelas premium dengan nama Yamaha R1M. Kabar yang beredar menyatakan bahwa motor ini memiliki harga yang sangat fantastis, dikatakan bahwa harganya bersaing melawan Kawasaki Ninja H2 Carbon.

Yamaha R1M ini tidak memiliki banyak perbedaan dengan Yamaha YZF R1, hanya saja motor yang satu ini jelas akan lebih tangguh dibandingkan YZF R1 dikarenakan motor super sport ini mengusung mesin yang lebih tangguh, yaitu dengan membawa mesin 4 silinder yang bisa dikatakan bahwa membuatnya menjadi salah satu motor sport dengan kecepatan yang sangat tinggi.


All New Yamaha R1M mengusung teknologi MotoGP, yaitu mengadopsi teknologi yang digunakan pada motor Yamaha M1 2015 milik pembalap fenomenal MotoGP yaitu Valentino Rossi. Tentu saja dengan mengadopsi inilah yang membuat harga motor super sport ini melambung jauh.

Motor buatan pabrik berlogo garpu tala ini mengusung material kokoh namun ringan untuk menunjang akselerasinya. Secara desain pun motor ini juga sangat gagah dan terkesan sporty khas MotoGP Series yang membuatnya tampak begitu elegan.


Yamaha R1M mengusung mesin handal berkapasitas 998cc tipe DOHC dengan 4 silinder sehingga akan mampu memberikan power maksimal dan torsi puncak yang tidak mengecewakan. Motor ini dipastikan juga akan membawa beberapa fitur canggih dan memiliki fungsionalitas tinggi.

Berikut adalah spesifikasi dari Yamaha R1M :

SPESIFIKASI DARI YAMAHA R1M

MESIN
  • Tipe Mesin : 4-stroke, liquid-cooled, DOHC, forward-inclined parallel 4-cylinder, 4-valves
  • Kapasitas : 998cc
  • Tenaga Maksimal : 147.1 kW (200.0PS) @ 13,500 rpm
  • Torsi Maksimal : 112.4 Nm (11.5 kg-m) @ 11,500 rpm
  • Jumlah Silinder : 4
  • Bore x Stroke : 79.0 mm x 50.9 mm
  • Rasio Kompresi : 13.0 : 1
  • Transmisi : 6 Percepatan, Constant Mesh
  • Sistem Bahan Bakar :Fuel Injection
  • Starter : Electric Starter
  • Sistem Pengapian : TCI = Transistor Controlled Ignition (digital)
  • Konsumsi Bahan Bakar : 7.2 Liter / 100km
  • Kapasitas Oli : 3.9 Liter
BODI / DIMENSI
  • Panjang : 2,055 mm
  • Lebar : 690 mm
  • Tinggi : 1,150 mm
  • Jarak Sumbu Roda : 1,405 mm
  • Jarak Terendah : 130 mm
  • Berat : 201 kg
  • Kapasitas Bahan Bakar : 17 Liter
  • Tinggi Tempat Duduk : 860 mm
RANGKA DAN KAKI-KAKI
  • Rangka : Aluminium Deltabox
  • Suspensi Depan : Upside-down telescopic fork, Ø 43mm
  • Suspensi Belakang : Swingarm (Link Suspension)
  • Ban Depan : 120/70 ZR17M/C (58W)
  • Ban Belakang : 190/55 ZR17M/C (75W)
  • Rem Depan : Dual hydraulic disc, Ø 310mm
  • Rem Belakang : Single hydraulic disc, Ø 220mm

Jika melihat spesifikasi diatas maka keistimewaan pertama dari Yamaha R1M ini adalah bagian bodinya yang dibuat dengan bahan khusus yakni serat karbon (Carbon Fiber) yang ringan namun memiliki ketahanan yang lebih kuat dibandingkan dengan fiber biasa.


Serat karbon sendiri dipakaikan pada front fender dan pada bagian sayap (fairing) serta seat cover. Selain itu didukung pula dengan rangka Deltabox Aluminium serta memiliki ukuran dimensi yang sangat ideal 2.055mm x 690mm x 1.150mm dan memiliki jarak sumbu roda 1.405mm berbobot 199kg. Bodi motor ini sangat besar sehingga jangan heran jika bobot motor ini mencapai 199kg.

Motor super sport ini dibangun dengan ukuran tinggi jok sebesar 860mm dan ground clearance 130mm, sehingga akan memberikan posisi riding yang sangat nyaman dan membuat motor ini mudah diajak bermanuver di medan apa saja. 


Disisi depan, Yamaha R1M menggunakan dua buah lampu berteknologi LED yang dibentuk bulat seperti mata dan pastinya akan memberikan penerangan secara lebih maksimal ketika dikendarai pada malam hari. Dengan desain bentuk meruncing dan tajam membuat motor ini semakin gagah dan garang ketika dilihat dari depan.

Tersedia pula lampu sein depan yang terpasang pada bagian spion yang semakin membuat motor super sport ini unik dan jika dilihat tampak dari samping, full fairing pada motor ini tampak menutup sebagian besar sisi samping hingga blok mesin sehingga tampak seperti motor dari MotoGP.
Tangki bahan bakar yang berkapasitas 17 Liter pun dibuat berlekuk tegas dan tajam khas Yamaha Motor Sport Series dengan balutan cat aluminium. Jok yang disematkan mengusung konsep ala motosport dengan desain meninggi tajam ke belakang untuk memperkuat kesan sporty.


Pada bagian belakang motor ini tampak stop lamp yang memang dibuat berlubang untuk mengarahkan angin dan di bagian tengahnya terpasang tail light berteknologi LED. Pada bagian depan khususnya bagian speedometer Yamaha R1M membawa panel full digital dengan layar LCD.


Berikut adalah informasi yang ditampilkan pada speedometer Yamaha R1M :
  • Kecepatan dalam hitungan mph atau rpm/jam
  • Temperatur suhu
  • Jarak Tempuh
  • Sistem Injeksi
  • Jam Digital
  • Posisi Gear
Pada bagian bawah dari speedometer ini ditampilkan pula pilihan mode berkendara berupa Mode-A yang memberikan pilihan menu mode berkendara, seperti PWR1, TCS3, dan SCS2 yang bisa dipilih pada saat berkendara.

Disamping sisi layar LCD pada instrumen indikatornya terdapat lampu indikator netral, lampu sein, lampu high beam, dan indikator rem ABS.


Yamaha R1M mengusung kaki-kaki super kokoh dengan dibekali dengan suspensi Upside-Down telescopic fork, Ø 43mm dibagian depan dan Swingarm (Link Suspension) di sektor belakang. Meski berbeda tipe namun kedua suspensi yang diusung dipastikan akan memberikan keseimbangan secara maksimal serta mampu meredam setiap goncangan ketika berada dijalan tidak rata.


Yamaha R1M juga membawa velg sporty ukuran 17 inci yang dibalut ban berukuran 120/70 ZR17M/C untuk bagian depan dan 190/55 ZR17M/C untuk bagian belakang. Sedangkan untuk pengereman dari motor super sport ini sendiri menggunakan rem depan Dual Hydraulic disc 310mm dan rem belakang Single Hydraulic 220mm. Kedua rem ini juga dipastikan sudah menggunakan teknologi ABS sehingga dipastikan akan memberikan hasil pengereman yang lebih optimal.


Beranjak ke sektor dapur pacu, Yamaha R1M menggunakan mesin tipe DOHC dengan 4 silinder 16 katup yang memiliki kapasitas kubikasi hinggan 998cc dan mengusung sistem pendingin cairan (liquid cooled). Mesin yang dipakainya ini sangatlah handal dan canggih karena mengadopsi teknologi MotoGP.


Untuk sistem transmisi, motor ini sendiri mengandalkan sistem transmisi 6-speed, multiple assist dan slipper clutch yang dimana mampu membuat motor super sport ini mampu menyemburkan tenaga sampai 147.1 kW (200.0PS) per 13.500 rpm dan mampu mencapai titik puncak torsi 112.4 Nm (11.5) kg-m per 11.500 rpm.


Yamaha sendiri juga sudah menyertai motor ini dengan sistem pembakaran bertipe Fuel Injection dengan ignition system bertipe TCI (digital) dan untuk starter seperti biasanya untuk menghidupkan mesin menggunakan starter Electric.

Selain memiliki performa handal dan gahar, tentu saja Yamaha R1M juga dibekali dengan fitur-fitur yang canggih dan tak kalah menarik serta memiliki fungsionalitas tinggi seperti memberikan jaminan keselamatan dengan menyematkan fitur teknologi ABS, kemudian ada pula fitur ERS yaitu Electronic Racing Suspension yang dikembangkan oleh Öhlins untuk meningkatkan kontrol redaman.


Ada juga fitur teknologi 3-Dimension Control yang terdiri dari Slide Control System (SCS), Traction Control System (TCS), Lift Control System (LCS), terakhir adanya fitur mode berkendara pada instrumen indikator full digital dengan tampilan layar LCD.

Harga daripada Yamaha R1M sendiri seperti yang sudah disinggung diatas sangat mahal mengingat jati diri motor ini sebagai motor kelas super premium. Menurut informasi yang beredar diketahui bahwa harga Yamaha R1M adalah sebesar Rp. 812 Juta. Harga tersebut pastinya sangat tidak ramah dikantong masyarakat Indonesia namun jika melihat fitur serta spesifikasi yang disematkan rasanya harga tersebut cukup masuk akal dan jangan lupa juga bahwa motor ini mengadopsi teknologi Yamaha M1 milik pembalap Valentino Rossi yang pasti membuat motor ini seperti motor MotoGP.

Nah itu adalah Review daripada Yamaha R1M, Jangan lupa COMMENT dan SHARE.


0 comments:

Post a Comment