KESALAHAN YANG SERING DILAKUKAN PENGENDARA SEPEDA MOTOR SAAT MUSIM HUJAN


Jakarta - Musim hujan sudah tiba nih teman-teman , bahkan dengan intensitas yang cukup tinggi dan disertai dengan angin. Biasanya pada musim hujan begini aktivitas masyarakat yang berada di sebagian kota besar akan sedikit terganggu apalagi untuk pengendara sepeda motor khususnya.

Pada musim hujan begini masih saja ada pengendara sepeda motor yang cuek dengan keamanan meraka sendiri, bahkan menggangu kenyamanan berkendara meraka sendiri dan orang lain.

Berikut adalah kesalahan-kesalahan yang dilakukan pegendara sepeda motor saat musim hujan yang sudah dirangkum oleh tim AutoGeniusGen.

1. Jas hujan ponco
Jenis jas hujan ini sebenarnya bukan didesain untuk pengendara motor tetapi untuk pejalan kaki. Namum masih saja banyak pengendara motor yang suka menggunakan jas hujan jenis ini, alasannya adalah mudah dipakai serta praktis. Modelnya yang tidak tertutup semua membuatnya rentan terkena terpaan angin sehingga beresiko membuat kecelakaan pada saat dipakai.

Banyak dari mereka yang terjatuh karena jas hujan ponco tersebut sangkut di gir maupun kendaraan lain.

"Jas hujan yang ideal sebaiknya adalah jas yang tidak menghambat gerakan pada tubuh kita termasuk tangan dan kaki. Model yang sebaiknya menjadi pilihan adalah model yang terdiri atas 2 bagian yaitu bagian jaket dan bagian celana tentunya, bukan ponco" kata Edo Rusyanto, seorang penggiat safety riding.

2. Kecepatan berkendara
Saat hujan sudah mulai turun biasanya banyak nih pengendara motor yang seperti cacing kepanasan, mereka malah menambah kecepatan kendaraannya. Alasannya adalah ingin berpacu dengan hujan agar lebih cepat sampai ke tujuan.

Kebiasaan ini pastinya meningkatkan resiko kecelakaan, terlebih saat mulai hujan biasanya aspal yang banyak pasir dan sedikit basah akan menjadi sangat licin.

3. Berteduh
Saat sudah naik motor tentunya sudah siap kena panas matahari dan air hujan, tetapi masih banyak pengendara motor yang lupa atau malas membawa jas hujan. Biasanya alasan mereka adalah karena berat. Ketika hujan turun maka mereka akan memilih untuk berteduh sampai hujan reda, masalahnya adalah lokasi tempat mereka berteduh biasanya mengganggu pegendara lain. Berteduh memang tidak dilarang, tapi alangkah baiknya kita juga harus patuh aturan seperti tidak memakan badan jalan. Hindari tempat berteduh yang berpotensi menyebabkan kemacetan lalu lintas, seperti underpass, kolong flyover atau halte bus.

Itu adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan pengendara sepeda motor saat musim hujan



0 comments:

Post a Comment