SUV Wuling Baojun 530, SUV MeVVah Wuling


Jakarta- Salah produsen mobil asal Negeri Tirai Bambu yaitu Tiongkok, Wuling Motors, menjadi salah satu pabrikan yang paling menyedot perhatian pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Mobil yang dibawa untuk pameran ini sebenarnya sama dengan model Baojun 530 yang dijual di Tiongkok. Memang, brand Wuling dan Baojun merupakan saudara korporasi yang tergabung dalam SAIC-GM-Wuling (SGMW). Sehingga, sah-sah saja apabila keseluruhan rangka bodi Baojun 530 akan diaplikasikan pada model SUV terbaru Wuling. Namun menurut Dian Asmahani, spesifikasi tersebut tidak 100 persen akan dihadirkan untuk pasar Indonesia.


Kehadiran mobil Wuling SUV atau Wuling Baojun 530 di Indonesia bakal menyaingi Honda CR-V dan Nissan X-Trail. Meski masih belum diinformasikan, apakah spesifikasi dan fitur buat pasar Indonesia bakal sama dengan yang ada di Tiongkok, tapi menarik untuk mengenal lebih dahulu Baojun 530 yang menjadi bahan riset Wuling disini.

Sebelumnya Wuling sendiri sudah meluncurkan 2 produknya di Indonesia, yaitu Wuling Confero dan Wuling Cortez. Jika benar nanti Wuling SUV ini akan juga diluncurkan maka akan menjadi mobil ketiga Wuling yang bersaing di pasar otomotif Indonesia.

Untuk urusan persaingan maka yang menjadi tolak ukur pertama adalah desain eksterior. Mobil Wuling Baojun 530 atau Wuling SUV pada sisi depan lebih mirip dengan Mitsubishi Xpander.


Untuk spesifikasi yang di tampilkan pada GIIAS 2018 lalu, Wuling SUV dibekali dengan mesin turbo 4 silinder berkapasitas 1.451 cc. Berdasarkan data yang diberikan Wuling, mesin ini mampu menghasilkan tenaga 230 Nm/2.000-3.800 rpm.

Tampilan depan mobil ini cukup kekar tanpa melepas kesan sporty. Didesain dengan Front Grile dan berpalang dua dan ventilasi udara yang cukup besar. Adapun Front Bumpernya menggunakan ventilasi serupa, memberikan sirkulasi udara yang baik untuk kabin mesinnya supaya tidak cepat Overheat. Moncongnya juga nampak maskulin, dihias apik dengan lampu utama menyipit dan fitur Daytime Running Light (DRL).

Kesan maskulin dan sporty tidak hanya terpampang dari sisi depan mobil Wuling Baojun 530 atau Wuling SUV saja, tetapi juga dari sisi samping. Nampak pada fender samping yang lebih ditonjolkan dan kaca spion yang sudah terintegrasi dengan lampu sein serta pemasangan Roof Rail pada bagian atap, semakin memperkaya utilitasnya sebagai mobil SUV. Tak hanya itu, pesona sporty juga terasa makini kental ketika mengamati desain peleknya yang menggunakan Two-Tone Machining Alloy.


Merambah kesisi belakangnya, lekuk bodinya nampak ramping namun berisi. Tonjolan berotot diaplikasikan pada bodi belakangnya. Ornamen-ornamen sporty layaknya Rear Skid Plate dan Dual Exhaust berlapis krom, semakin mempertajam sosknya yang kekar. Sementara itu, masalah pencahayaan juga tak luput dari fitur modern yang mengaplikasikan LED Rear Combination Lamps.

Memasuki ruang interiornya, Anda disuguhkan atmosfer kabin yang kalem serta minimalis. Pada panel dashboard misalnya, fitur-fiturnya nampak tertata rapi dan tidak memakan banyak ruang. Semua kendali diletakkan dibagian tengah dashboardnya meliputi panel Head Unit Touchscreen 8 inci yang disematkan dibagian teratas setelah dua Blower penyejuk.


Dari sisi kabin sendiri sudah terisi dengan kursi elektrik, sehingga penumpang yang ada didalam mobil Wuling SUV atau Wuling Baojun 530 tidak kesulitas mengatur posisi kursi. Kenyamanan penumpang akan bertambah karena kursi mobil Wuling Baojun atau Wuling SUV sudah menggunakan bahan kulit berkualitas yang pastinya lembut dan empuk.

Untuk kapasitas penumpang mobil Wuling Baojun 530 atau Wuling SUV maksimal hanya 5 orang. Akan tetapi pada ruang bagasi cukup besar, bahkan bisa untuk menampung setidaknya 2 sampai 3 tas berukuran besar.


Beralih ke kemudi setirnya, desainnya nampak elegan dan sporty, menggunakan palang tiga. Genggamannya juga terasa responsif dengan menggunakan balutan material Semi-Leather. Tak hanya itu, sensasi praktis juga dihadirkan pada tombol-tombol multifungsi di sisi kanan dan kirinya. Hal-hal menarik seperti Cruise Control, konektivitas serta pengaturan audio, bisa Anda akses dari kemudi setirnya secara praktis dan mudah.


Dari sisi dapur pacu, mobil Wuling SUV atau Wuling Baojun 530 juga tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya sudah ada dua pilihan kapasitas mesin, yaitu 1,5 liter dan 1,8 liter. Dan pada mesin 1,5 liter sudah dengan konfigurasi turbocharged.

Tenaga yang dihasilkan mobil ini cukup bertenaga, mesin 1,5 liter bisa menghasilkan daya maksimum sebesar 150 Hp pada 5.500 rpm dan torsi puncaknya 230 Nm pada 2.000 sampai dengan 3.800 rpm. Sedangkan mesin 1,8 liter mobil Wuling Baojun 530 atau Wuling SUV bisa menghasilkan daya maksimal 137 Hp pada 5.600 rpm dengan torsi puncak sebesar 186 Nm pada 3.600 hingga 4.000 rpm.

Berikut adalah spesifikasi dari Wuling SUV atau Wuling Baojun 530 :

SPESIFIKASI WULING BAOJUN 530

MODEL : 1,5 LITER
  • Panjang x Lebar x Tinggi : 4.655 mm x 1.835 mm x 1.760 mm
  • Jarak Poros Roda : 2.750 mm
  • Tipe Mesin : 1.5 TurboCharged
  • Kapasitas Silinder : 1.451 cc
  • Daya Maksimum : 150 HP / 5.500 rpm
  • Torsi Maksimum : 230 Nm / 2.000-3.800 rpm
  • Kecepatan Maksimum : 180 km/jam
  • Mode Penggerak : Front Wheel Drive (FWD)
  • Sistem Transmisi : 6 Tingkat Percepatan Manual / 5 Tingkat Percepatan Otomatis / DCT
  • Suspensi Depan : McPherson Struts Sachs Vibration Absorbers
  • Suspensi Belakang : Multi-Link Independent Sachs Vibration Absorbers
  • Ukuran Ban : 215/60 R17
  • Tipe Bahan Bakar : Bensin
  • Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 52 Liter
MODEL : 1,8 LITER
(Untuk model 1,8 Liter spesifikasinya hampir sama namun ada beberapa perbedaan saja seperti yang tersaji dibawah ini, selain dari pada itu sama)
  • Tipe Mesin : 1.8 Liter
  • Kapasitas Silinder : 1.798 cc
  • Daya Maksimum : 137 HP / 5.600 rpm
  • Torsi Maksimum : 186 Nm / 3.600 - 4.600 rpm
Fitur-fitur yang ditawarkan pada mobil ini juga tidak kalah hebatnya seperti fitur keselamatan contohnya. Dari segi keselamatan, Baojun 530 menggunakan racikan teknologi pengereman Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Tentunya racikan tersebut mampu memberikan performa pengereman yang empuk dan presisi. Adapun kestabilannya di medan licin dan pengunungan, diimbangi dengan teknologi Traction Control (TRAC), Vehicle Dynamics Control (VDC) dan Hill-Start Assist (HSA). Hal paling menarik juga dapat diamati pada rangka bodinya yang menggunakan 57% material besi berkualitas tinggi. Sehingga. membuat SUV yang satu ini meraih bintang 5 dalam Rating C-NCAP.



Fitur hiburan juga tak kalah, fitur hiburan Baojun 530 mengandalkan panel Floating Head Unit berukuran 8 inci. Pasalnya, dari fitur tersebut Anda bisa menikmati beragam sajian hiburan layaknya pengoperasian audio, video dan radio. Tak tanggung-tanggung kualitas suaranya terbilang jernih dengan terintegrasinya sembilan speaker Harman Infinity Audio System. Tentu lewat fitur tersebut, dipastikan Anda betah untuk berlama-lama didalam kabinnya.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari mobil ini menurut AGG :
KELEBIHAN
  • Performa mesin dan sistem transmisi, menawarkan banyak pilihan sesuai dengan gaya berkendara Anda
  • Desain eksterior dikemas dengan sentuhan agresif, kekar dan modern 
  • Fitur yang disematkan pada interiornya cukup lengkap dan ditata secara minimalis.
KELEMAHAN
  • Varian mesin 1,8 Liter tidak didukung dengan konfigurasi TurboCharged
  • Ruang bagasi tidak terlalu besar


Untuk harganya sendiri, sebelumnya mobil ini sendiri sudah duluan dirilis di Tiongkok jadi berhubung karena mobil ini belum dirilis di Indonesia jadinya kita menggunakan harga dari Tiongkok. Untuk varian mesin 1,5 Liter dibanderol dengan harga RMB 75.800 atau setara dengan 162 juta rupiah lebih, dan untuk varian 1,8 Liter dibanderol dengan harga RMB 115.800 atau setara dengan 248 juta rupiah lebih.

Dengan melihat harga diatas maka bisa dikatakan bahwa mobil SUV terbaru dari Wuling ini tergolong sangat murah pada kelasnya. Ditambah dengan berbagai fitur serta keunggulan yang disematkan rasanya mobil ini diprediksi akan bersaing ketat dengan para SUV dikelasnya.




0 comments:

Post a Comment