Italdesign Nissan GT-R50, Mobil Sport Super


Roma- Nissan dan Italdesign akhirnya bekerja sama dan berhasil menciptakan kendaraan prototipe baru, Nissan GT-R50 by Italdesign, ini merupakan kolaborasi pertama mereka. Kolaborasi ini diciptakan untuk merayakan ulang tahun setengah abad atau yang ke-50 untuk Italdesign dan Nissan. Mobil sport ini berbasis Nissan GT-R Nismo. Nissan menggambarkan mobil ini sebagai mobil "ultra-limited".

Meski tampil sebagai prototipe, model GT-R50 dibangun dengan desain yang sangat futuristik. Sektor pacunya juga tidak main-main, mengalahkan spesifikasi dari model GT-R yang kini berada di pasaran otomotif dunia.


Alfonso Albaisa, Wakil Presiden Senior Nissan untuk Desain Global mengatakan bahwa kendaraan prototipe tersebut hadir untuk menyambut dua momentum besar yang bersinggungan, yakni 50 tahun Italdesign membentuk dunia otomotif dan 50 tahun Nissan menghasilkan kegembiraan melalui GT-R yang ikonik.


Italdesign mengembangkan, merekayasa dan membangun mobil. Desain eksterior dan interior yang berbeda, dan ringan diciptakan oleh tim di Nissan Design Europe di London dan Nissan Design America.

Kabar terbaru yang didapat adalah Nissan akhirnya mengkonfirmasi mobil prototipe GT-R50 masuk jalur produksi, namun mereka hanya membuat 50 unit saja. Dan karena terbatasnya unit dari Italdesign Nissan GT-R50 ini, maka harganya pun langsung melambung dengan saat tinggi.


Kereta produksi buatan tangan ini akan dijual pada harga sekitar 900,000 euro atau sekitar 15,1 Milyar rupiah. Sebuah harga yang sangat fantastis untuk sebuah Nissan GT-R, namun jangan lupa bahwa mobil ini memang cukup worth dengan harga tersebut berkat jumlah unitnya yang hanya ada 50 unit saja, seperti namanya. Italdesign Nissan GT-R50 sendiri merupakan unit yang spesial bukan hanya unitnya yang terbatas saja, melainkan juga karena statusnya sebagai unit khusus untuk memperingati 50 tahun sudah usia dari Nissan GT-R dan juga Rumah Desain Italdesign.

Berikut adalah spesifikasi dari Nissan GT-R50 by Italdesign :


Base vehicle
Nissan GT-R NISMO
Overall length
4784 mm/ 188.3 inches (Standart NISMO: 4690 mm/ 184.6 in)
Overall width
1992 mm/ 78.4 inches (Standart NISMO: 1895 mm/ 74.6 in)
Overall height
1316 mm/ 51.8 inches (Standart NISMO: 1370 mm/53.9 in)
Wheelbase
2780 mm/ 109.4 inches (identical)
Engine
3.8-liter VR38DETT by NISMO;
720 ps (estimated) @ 7100 rpm
780 N-m (estimated) @ 3600-5600 rpm
Driveline
Mid-mounted front engine / rear transaxle ATTESA E- TS all-wheel drive
Gearbox
Reinforced dual-clutch sequential 6-speed rear transaxle
Suspension
BILSTEIN DampTronic® I damping system
Brakes
Brembo, with 2-piece floating drilled disc
Front: 6-piston monoblock caliper; 390 x 32.6 mm
Rear: 4-piston monoblock caliper; 380 x 30 mm
Wheels (inches)
Front: 21 x 10J
Rear: 21 x 10.5J
Tires
Michelin Pilot Super Sport; Front: 255/35 R21 Rear: 285/30 R21

Mulai dari depan, Nissan GT-R50 by Italdesign menampilkan elemen dalam emas yang berbeda yang membentang di hampir keseluruhan kendaraan. Kapnya memiliki tonjolan daya yang lebih kuat, dan lampu depan LED tipis membentang dari lengkungan roda ke bibir di atas asupan pendinginan luar.


Mendominasi pandangan samping, garis atap yang khas telah diturunkan 54 milimeter dan memiliki bagian tengah yang lebih rendah, sedangkan bagian luar yang sedikit terangkat memberi profil atap tampilan berotot.


Sayap ukuran besar di bagian belakang yang bisa disesuaikan, lengkap dengan tampilan baru empat lampu belakang bundar, tapi tetap mencirikan khas merek dagang GT-R. Sayap dipasang dengan dua uprights, melengkapi keseluruhan tampilan. Lampu belakang kembar GT-R telah ditata ulang sebagai fitur "mengambang" terpisah dengan cincin cahaya tipis dan pusat berongga, dipasang sehingga bergabung dengan baning luar dan bagian tengah struktur bagasi.


Untuk mesin, Italdesign Nissan GT-R50 mengandalkan mesin 3.800 cc twin Turbo V6. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 720 PS pada 7.100 rpm dan torsi badak mencapai 780Nm pada rentang 3.600 hingga 5.600 rpm, artinya pihak Nissan dan Italdesign melakukan tuning juga pada mobil ini, dimana capaian tenaganya melonjak 120 PS dan torsinya melonjak 128 NM dibandingkan dengan Nissan GT-R NISMO yang menjadi basisnya. Kemudian ada juga GT3-Specs Turbocharger, ditambah intercooler yang lebih besar, higher-flow fuel injectors, pengapian yang dioptimalkan, dan juga penggantian sistem intake dan exhaust. Tak hanya itu, mobil ini juga dilengkapi dengan rear-mounted six-speed dual-clutch transmission, dan ATTESA E-TS GT-R AWD system dengan reinforced differentials dan driveshafts.


Turbocharge dan intercooler besar, diikuti dengan upgrade injektor bahan bakar dan piston yang membantu memberikan output badak tersebut. Sementara girboks twin-clutch 6-percepatan dan juga differentials ikut dirombak demi mengatasi beban tambahan. 

Ada juga sistem suspensi baru BILSTEIN DampTronic, yang dapat disesuaikan dan rem Brembo six-pot untuk mengawal roda-roda 21 inci hasil custom. Seluruh ubahan perangkat berlabel racing tersebut, menjadi pembeda spesifikasi antara GT-R50 dan GT-R biasanya.



0 comments:

Post a Comment