Benelli 502C , Motor Gagah dari Benelli


Bali- Siapa sangka di akhir tahun 2018 ini perusahaan otomotif asal Eropa yaitu Benelli merilis 3 varian motor terbaru mereka. Motor yang dirilis adalah Benelli 502C, TRK251 dan 752S. Ketiga motor ini dirilis secara bersamaan di pasar global Nusa Dua, Bali.

Namun untuk kali ini yang akan kita bahas disini adalah Benelli 502C. Jika melihat dari tampilan, motor ini bisa dibilang cukup besar dan tentu saja memiliki berat yang cukup berat juga, karenanya tidak semua orang bisa mengendarai motor besar ini dengan mudah. Konsep yang digunakan motor ini mengusung konsep desain motor cruiser yang mengedepankan gaya motor khas Negeri Pizza, Italia.


Hal ini tampak sangat jelas dari desain eksteriornya yang dirancang begitu kompak bersama lekukan bodi tegas dan rangka tulang pembungkus blok mesin. Sehingga, memberikan efek maskulin yang begitu menawan. Dan yang paling menarik disini adalah motor ini telah dibekali dengan mesin 500cc yang mampu mengeluarkan tenaga dan torsi yang cukup besar.

Selain itu, motor cruiser buatan pabrik blasteran Italia-Cina ini juga dilengkapi ragam fitur menarik nan-canggih yang bakal memanjakan serta menjamin keselamatan bagi penumpangnya. Jika dilihat baik-baik desain dari Benelli 502C ini sedikit mirip dengan Ducati XDiavel yakni dengan tangki besar memanjang dan jok minimalis.


Berikut adalah spesifikasi dari Benelli 502C :

SPESIFIKASI BENELLI 502C

MESIN
  • Tipe Mesin : 2 silinder tipe DOHC
  • Kapasitas : 500cc
  • Tenaga Maksimal : 47 Hp (35 kW) / 8500 rpm
  • Torsi Maksimal : 45 Nm
  • Jumlah Silinder : 2
  • Diameter x Langkah : -
  • Sistem Bahan Bakar : -
  • Jenis Bahan Bakar : Bensin
  • Tipe Starter : Electric & Kick Starter
  • Rasio Kompresi : -
  • Transmisi : 6 speed Manual
BODI
  • Panjang : -
  • Lebar : -
  • Tinggi : -
  • Jarak Antar Roda : -
  • Berat : -
  • Ketinggian Kursi : 750mm dari tanah
  • Kapasitas Bahan Bakar : 21 liter
 KAKI-KAKI
  • Tipe Rangka : Terallis
  • Rem Depan : Dual Disc Brake 280 mm
  • Rem Belakang : Single Disc Brake 240 mm
  • Ban Depan : 100 / 80-17M / C 52S
  • Ban Belakang : 130 / 70-17M / C 62S
  • Suspensi Depan : Upside Down
  • Suspensi Belakang : Monoshock Swing Arm
Dilihat dari sektor dapur pacu Benelli 502C ini dimana motor ini mengandalkan mesin 2 silinder tipe DOHC yang mana memiliki kapasitas mesin kubikasi hingga 500 cc. Mesin yang diusung motor cruiser tersebut pun nantinya akan dikombinasikan dengan transmisi 6 percepatan manual. Yang mana, dengan bekalan mesin tersebut maka diklaim bahwa Benelli 502C ini akan mampu mendongkrak tenaga hingga 47 Hp (35 kW) per putaran 8500 rpm dan sanggup mencapai titik puncak torsi hingga 45 Nm.


Benelli 502C ini juga dibekali dengan teknologi yang mutakhir sehingga Anda akan puas dalam menggeber moge ini. Performa yang tangguh juga tak lepas dari sistem bahan bakar yang diusungnya, yakni Fuel Injection yang otomatis akan membuat motor ini menjadi motor yang hemat bahan bakar.


Jika berbicara mengenai desain motor ini memang sangatlah menarik, Dari sisi depan, Benelli 502C ini hadir dengan mengusung lampu depan (headlamp) unik dan berbeda dari motor lain dengan teknologi LED DRL dibagian tepi yang mengelilingi lampu utama. Setang bergaya cruiser pun juga turut disematkan dengan bentuk yang sangat ideal.


Selain itu, tangki bahan bakarnya dibuat besar dengan bentuk memanjang menuju jok disertai lekukan elegan yang cukup tegas untuk memperkuat kesan gagahnya. Dibawah tangki dari Benelli 502C ini pun tampak susunan blok mesin yang dilapisi rangka teralis berwarna hitam sehingga tampak berotot. Otot-otot itu tampak sangat jelas dan menonjol dan memberi nilai tambah bagi moge ini.


BACA JUGA : HONDA NM4 VULTUS, DESAIN MEWAH DAN GAGAH


Jok moge ini sendiri dibuat memanjang dan menggantung dan sedikit pendek dengan Mud-Guard. Di bagian pijakan kaki depan dibuat lebih maju dari motor pada umumnya. Sementara itu, dibagian sisi kanan belakang, tampak knalpot bergaya Dual Muffler Silencer semakin mempertegas gaya sporty yang dibawanya. Dibagian belakang bodi, tampak stoplamp yang dirancang unik dan punya ciri khas motor cruiser dengan penempatan di sudut buritan / ekornya plus lampu sein kanan-kiri yang kian mempesona.


Benelli 502C juga telah dilengkapi dengan speedometer futuristik dan berciri khas motor cruiser masa kini. Speedometer pada Benelli 502C ini dibekali dengan layar full digital LCD background biru. Dimana, pada layar LCD ini akan menampilkan sejumlah informasi mengenai kondisi motor, yakni kecepatan dalam hitungan Km/jam, posisi gear, rpm, jarak yang telah ditempuh, jam digital, dan indikator bahan bakar.

Dibagian kanan kiri layar pada speedometer telah dilengkapi beberapa lampu indikator, seperti lampu netral, lampu sein kanan-kiri, lampu utama/jarak jauh, indikator kerusakan dan lampu indikator oli. Semua terangkum dalam satu bingkas desain 6 sisi yang pas dengan moge ini. Dengan begitu maka Speedometer yang diusung pada moge ini sudah sangat modern dan informatif sekali.


Meski dimensi ukurannya belum diketahui secara pasti namun bisa dipastikan kaki-kaki pada moge ini dilaporkan membawa sejumlah keunggulan, yaitu dengan bekalan suspensi handal berupa Upside Down yang disematkan dibagian depan. Sedangkan dibagian belakang, Benelli 502C mengandalkan tipe suspensi Monoshock Swing Arm.

Kedua suspensi tersebut diklaim bakal sanggup menopang bodi motor ini secara sempurna sekaligus menjaga keseimbangan dan kemampuan daya redam yang maksimal. Tentunya dengan adanya kedua suspensi tersebut akan memudahkan pengendara melewati jalan berlubang dan bergelombang. Velg sport juga disematkan pada moge ini dengan ukuran 17 inci untuk bagian depan dan bagian belakang.



Untuk velg bagian depan akan dibalut ban berukuran 120/70ZR17 dan untuk velg ban belakang dibalut ban ukuran 160/60ZR17. Untuk soal pengereman, Benelli mengandalkan tipe rem Dual Disc Brake ukuran 280mm disektor depan dan Single Disc Brake ukuran 240mm. Benelli juga telah melengkapinya dengan fitur rem ABS di bagian depan dan bagian belakang moge ini. Jadi tidak heran jika sektor tersebut menjadi salah satu fitur yang sangat menjamin keselamatan penumpang.

Soal harga dari moge yang dijuluki sebagai "Style of Swagger" ini cukup mahal. Moge ini dijual dengan harga sekitar Rp 85.4 juta untuk varian terendah sedangkan untuk varian tertinggi sekitar Rp 98 juta. Namun berkaca pada fitur serta desain dan mesin yang disematkan rasanya harga yang ditawarkan cukup masuk akal.

Sayangnya moge ini belum resmi dipasarkan di Indonesia, motor ini sebelumnya akan dipasarkan terlebih dahulu di Tiongkok. Untuk negara-negara lain seperti Indonesia akan menyusul segera.




0 comments:

Post a Comment