INILAH TAMPILAN MOTOR TERBANG POLISI DUBAI




Jakarta - Kemajuan di bidang teknologi saat ini sudah sangat pesat, hal inilah yang membuat para produsen otomotif selalu memikirkan inovasi-inovasi terbaru yang bisa mereka terapkan pada produk mereka. Berbicara mengenai teknologi, saat ini negara yang menggunakan teknologi terbaru pada negara mereka adalah Uni Emirat Arab, ya negara ini menjadi negara yang sangat maju untuk saat ini.

Jika kita mendengarkan kata Uni Emirat Arab yang terlintas dipikiran kita tentunya adalah ibu kota negara tersebut yaitu Dubai. Baru-baru ini kepolisan Dubai memamerkan kendaraan patroli terbaru mereka yaitu S3 2019 Hoverbike. Berjeniskan sepeda motor namun bisa terbang.

Prototipe motor terbang memang sudah diperkenalkan pada tahun 2017 dibulan Oktober dalam ajang GITEX EXPO di Dubai. Pada ajang tersebut diungkapkan bahwa motor tersebut berkerja dengan baterai baru 'Hoversurf' yang memungkinkanya bergerak diatas lalu lintas dan merespons lebih cepat terhadap panggilan darurat. Bahkan sepeda motor ini juga bisa terbang tanpa penumpang dan bisa naik hingga 6 kilometer. Bisa terbang selama 25 menit dan bisa mengangkut 300 kg berat badan dengan kecepatan 70kmh.

Pihak kepolisan Dubai saat ini sudah mulai berlatih menggunakan S3 2019 Hoverbike ini. "Saat ini kami punya calon kandidat petugas kepolisian yang sedang melatih diri menggunakan motor ini, dan diharapkan nantinya kedepan bisa lebih banyak petugas yang bisa menggunakan motor ini, alasannya karena motor ini lebih mudah untuk menjangkau daerah terpencil yang tidak bisa dilewati kendaraan pada umumnya," kata Brigadir Khalid Nasser Airazooqi selaku General Director of Dubai Police's artificial intelegence department dikutip dari CNN, Sabtu (24/11/2018).

Motor terbang ini diproduksi oleh sebuah perusahaan start up bernama Hoversurf yang bermarkas di California. Di Amerika sendiri sepeda motor terbang dijual dengan harga $ 150.000 atau setara 2,2 miliar rupiah, Bahkan motor ini sendiri sudah dikaji oleh Federal Aviation Administration guideliness yang artinya tidak diperlukan lisensi pilot untuk membawa motor ini.

Berikut adalah spesifikasi Hoversurf S3 2019 Hoverbike seperti yang dikutip dari CNN.com :
- Berat : 253 lbs
- Kecepatan maksimum : 96 km/jam
- Ketinggian aman terbang : 4,8 meter
- Waktu terbang dengan pilot : 10-25 menit
- Waktu terbang dengan menggunakan drone : sampai 40 menit

- Waktu pengecasan : 2,5 jam
- Harga : $150.000 atau setara 2,2 miliar rupiah.

0 comments:

Post a Comment